dan suka duka pun dialami...byk duka nyaa sih...suka ny cm satu...suka krn ga perlu ribet nyetir dan hrs hapal jalan (maklum buta arah)..dan inilah indonesia...
disaat tuntutan ini itu trhadap dokter dan profesi kesehatan yg lg hangat2ny disoroti dan trus2an di "edit" lg, demi pencapaian kualitas playanan optimal see optimal mungkin...tp hal yg satu ini rupanya luput dr pengamatan...pdhl, tiapp hari pengguna jasa transport ga bs di bilang dikit..jauuuhhhh lebih byk drpd jumlah pasien yg mngunjungi fasilitas kesehatan hariannya...
bgitu byk keluh kesah dr masyarakat, cm dianggap angin..(special angkutan darat dlm hal ini)
sbg contoh sring saya alami sendiri..krn sy biasa mnggunakan jasa transportasi ini tiap hari, baik dalam atau k luar kota...bnr2 deh, kesimpulan saya hny satu...mengecewakan!!!!!dan sy tak tahu hrs melapor kmn, kan ga lucu tuh klo nglaporin tukang angkot yg smbarangan k polisi krn mslh2 "sepele", lantassss adakah hukum2 dan prundang2an yg mngatur "etika transportasi umum"???...a very very big question...
--ok lah, jika sy membahas bntuk fisik dr transportasi umum sperti bis, atau angkot itu relatif, trgantung merk dan perawatan yg berbeda, kdg bs mndapat bis yg memuaskan(bersih, murah, dan pnumpang yg sopan), tp lebih sering apes(dari bis jorok tak terawat, bau rokok dan muntahan dmn2, ogks "seenakny" kenek, sampe copet yg ga ktinggalan absen blom lagi hobi ngetem ber jam-jam)...
--dan yg paling semena2 tntunya angkot..yup...brkali2 tmn sejawat, mem protes aksi tkg angkot yg bnr2 perlu "perawatan etika"...seribu satu rasanya mndapat supir angkot yg tau aturan rambu lalu lintas, tidak mnurnkan pnumpang sembarangan (misalny pnumpang ingin k jurusan yg sudah tertulis di label depan angkot tsb, dan tkg angkot se enakny mnurunkan pnumpang tsb blum smpai ke tujuan dgn beribu alasan, tp mnurut ku seperti ke tidak profesional an sajah), dan blum lg menagih tarif "semena2"..klo mo mahal, skalian sajah naik taksi drpd naik angkot mkn hati, blum lagi hobi angkot yg suka mengetem bs smpai stgh jam!!luar biasaaa...
dan jangan kira di angkot jg aman...kmrn angkot yg saya tumpangi (kbtulan sy duduk di dpn, sblh supir), ada pnumpang yg kecopetan, 3 dompet skaligus saudara2...BB pun raib tinggal cangkang silikon pink ny...dan pncopet2 manis itu brjumlah 3 org, yg berpura2 tdk saling kenal...dan turun berbeda t4 wlo naik brsamaan...
tips...jgn mo padet2an klo diangkot udh pnuh, sbisa mungkin jaga jarak dgn "copet", biasany mreka2 dgn jaket, dan tas ransel gede tp isiny kempes..ga hny co, ce jg ada...
klo diliat2, koq di LN sana jauh lebih tratur sih?org malas beli mobil pribadi krn mrasa cukup dgn transport umum, tp di indonesia???justru skrg lg trend motor, yg tntuny mnambah jumlah kemacetan...maluuuu skali rasanya melihat kejadian ini...kbutuhan paling crusial ini koq diabaikan gitu sajah sih???jika mlapor mgkn hny mndapat kt2 manis "lain kali hati2", dan sy amat2 memaklumi mngapa sikap supir angkot akhir2 ini bgitu mnjadi tdk pantas disebut manusia ber etika, luarrr biasaaaa, tekanan ekonomi kah alasannyaa???
tp tak smua supir angkot seperti itu, sy jg pernah 2x saja, mndapat angkot yg supirny patut di acungi jempol...ada supir angkot muda yg slalu mngucapkan trima kasih kpd stiap pnumpang yg memberi ny ogks, dan ada juga supir angkot berusia tua yg ramah dan brsikap sopan..saat itu sy plg larut mlm, dan bliau rela mngantarkan sy k t4 tujuan sy, wlopun mnurut bliau agkt itu sudah hrs msk garasi, dan sharusny dy bs saja mnurnkan saya dit4 lain dgn seenakny, tp dy tau sy perempuan dan wktu itu udh larut mlm...hwaaaaa...trharu sakali...
andai smua supir angkot mndadak "beretika" seperti itu, rasany akan lebih nyaman mnggunakan transport umum..dan kami sbg pnumpang tentuny akan rela2 saja mmbayar tarif ogks "diatas" rata2...tp sprtinya itu mustahil, adakah yg pduli akan hal ini???tunggu gw jd mentri dulu kali yaaaa..hahahah =D
smoga bs jadi bhn utk introspeksi...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar